Maya Hirai Berbagi Ilmu Origami

January 31, 2010

maya-hirai-berbagi-ilmu-origamiLiputan6.com, Bandung: Origami atau seni melipat kertas asal Jepang sudah dikenal sejak lama di Tanah Air. Namun belum banyak yang piawai membuatnya. Seorang wanita asal Bandung, Jawa Barat, membagikan ilmu origami ke sejumlah kota dan membuka kursus seni melipat kertas ini.

Nama lembaga yang dibuat Fajar Ismayanti adalah Maya Hirai School of Origami. Selama tiga tahun, ibu empat anak ini mendalami ilmu origami sambil menemani suaminya kuliah di Negara Sakura. Maya juga membuat milis Origami Indonesia yang dikenal melalui situs jejaring sosial.

Maya juga aktif menulis buku dan membuat video tentang seluk beluk seni melipat yang dipercaya sudah ada sejak kertas dibuat pada 105 masehi. Perempuan 37 tahun ini sudah menguasai sedikitnya 500 model. Bentuk dan modelnya terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Origami digemari semua kalangan di antaranya guru taman kanak-kanak. Sementara anak-anak berusia di bawah lima tahun dapat dirangsang agar lebih bersemangat belajar. “Dengan belajar ilmu origami akan ada interaksi lebih intens dengan anak,” kata Fajar Ismayanti

Maya sudah menghasilkan beragam karya origami dalam bentuk diorama. Sejumlah karyanya menghiasi perkantoran dan hotel di Ibu Kota. Tak jarang ia berbagi ilmu origami ke sejumlah kota. Melipat memang tampak sederhana tapi bila ditekuni bisa menghasilkan karya dan rupiah. (JUM/AYB)

Share Our Posts

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

There are no comments on this entry.

Trackbacks

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment